Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Kamis, 09 Maret 2017

Proyek Palapa Ring di Natuna Ditargetkan Rampung Pertengahan 2018

NATUNA, ASPEKTI- Pemerintah menargetkan penyelesaian Proyek Palapa Ring Paket Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Natuna, pada pertengahan 2018.

“Karena melihat Natuna sebagai wilayah yang strategis dan seiring itu pula akan diikuti pembangunan jaringan oleh operator,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seperti dikutip dari laman kominfo.go.id, Kamis (9/3/2017).

Pernyataan Rudiantara itu disampaikan untuk menjawab keluhan warga soal jaringan telekomunikasi yang lemah, saat Temu Wicara dengan Masyarakat Kabupaten Natuna usai Peresmian Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Gedung Sri Serindit, Ranai, Natuna, Rabu (8/2/2017).

Rudiantara menambahkan, Palapa Ring Paket Barat yang salah satunya ada di Natuna, pembangunannya telah mencapai 60%. 

BERITA TERKAIT

"Palapa Ring itu kita andaikan sebagai urat nadi yang ada dalam tubuh kita, sementara pembuluh-pembuluh halusnya akan  diteruskan dibangun oleh para operator,” imbuh dia.

Dengan selesainya Palapa Ring Paket Barat di Natuna, akses telekomunikasi di Natuna akan setara dengan Batam karena paket ini menghubungkan Natuna dengan Singkawang di sebelah timur, dengan Tarempa di sebelah barat, lalu ke Batam, ke Dumai dan berlanjut ke bagian selatan Provinsi Riau. 

Secara teknis, proyek ini menggunakan kabel laut guna mencegah kerusakan jaringan jika di sekitar lokasi terdapat pengerukan oleh kapal laut.

Rudiantara berharap Pemerintah Kabupaten Natuna mempermudah pengurusan izin lahan bagi proyek ini, sehingga pengoperasian proyek ini tidak terhambat. (man)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview