Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Sabtu, 25 Maret 2017

Ratusan Perusahaan Teknologi China Siap Serang Pasar Global

JAKARTA, ASPEKTI- Perusahaan teknologi asal China dahulu kerap diremehkan, namun perlahan namun pasti citra mereka semakin terangkat, sehingga bukan mustahil perusahaan-perusahaan itu suatu saat kelak akan menguasai dunia.

Hal ini dapat dilihat dari cepatnya Alibaba dan Huawei melesat, dari sebelumnya sebagai brand yang tak dikenal di kancah global. 

Sebelum berekspansi ke mancanegara, kedua perusahaan ini memang sudah punya posisi kuat di China, dan kini perusahaan-perusahaan sejenis juga telah mulai unjuk gigi. Salah satunya Xiaomi

"Saat Anda melihat China pada hari ini, situasinya tidak lagi sama seperti 5 atau 10 tahun lampau. Orang-orang itu mampu mampu berinovasi dan membuat produk yang dalam beberapa area lebih bagus daripada barat," ujar Yossi Vardy, Chairman International Technology Ventures, seperti dilansir detikNET, Sabtu (26/3/2017).

Ia menambahkan, ada 1,4 miliar orang di China dan kebanyakan perusahaan di negara Tirai Bambu itu memang masih berkiprah di dalam negeri, tapi seperti Alibaba atau Huawei, mereka bisa saja segera melebarkan sayap ke luar negeri.

"Kami tahu perusahaan-perusahaan China di luar Alibaba dan Huawei. Tunggu saja beberapa tahun lagi dan Anda akan melihat ratusan perusahaan seperti mereka dan mereka menuju pasar internasional," paparnya.

Saat inipun meski belum seagresif Huawei dan Alibaba, perusahaan semacam Tencent atau Baidu mulai memperlihatkan ambisi menaklukkan pasar global. Di sisi lain, ekosistem startup di negara itu juga sedang sangat bergairah.

Investasi venture capital di China tercatat menyentuh angka US$31 miliar pada 2016, meningkat 19% dibanding tahun sebelumnya berdasarkan penelitian KPMG.

CNBC melaporkan, Xiaomi dan layanan ride sharing Didi Chuxing saat ini termasuk dalam daftar startup termahal di dunia dengan nilai aset masing-masing sebesar US$46 miliar dan US$33,8 miliar. Hanya kalah dari Uber yang bernilai US$68 miliar. (man)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview