Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Kamis, 23 Maret 2017

Pengguna Google Maps Bakal Bisa Berbagi Perjalanan dan Lokasi Real Time

JAKARTA, ASPEKTI- Fitur berbagi lokasi (location sharing) di Google Maps akan segera diluncurkan di seluruh dunia. 

Fitur ini akan memudahkan pengguna ketika melakukan janji bertemu dengan keluarga dan teman dekat untuk menghadiri acara, dan mendapat pertanyaan: “Sekarang sedang di mana?” atau “Kira-kira kapan tiba di sini?”

Nah, fitur baru Google Maps itu akan dapat menjawab semua pertanyaan tersebut hanya dengan beberapa ketukan di ponsel pintar dan tanpa harus keluar dari aplikasi.

“Di Android dan iOS, Anda akan dapat membagikan lokasi real-time dengan orang-orang terdekat dan mereka akan dengan mudah melihat lokasi Anda di Android, iPhone, mobile web bahkan di desktop,” demikian keterangan Google, Kamis (23/3/2017). 

Caranya, ketika Anda ingin memberi tahu di mana Anda berada kepada seseorang, cukup buka pilihan menu yang terletak di samping atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan di mana Anda berada, kemudian ketuk “Berbagi Lokasi” (Share Location), lalu pilih orang yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi dengan sangat mudah.

Anda dapat berbagi lokasi secara real-time dengan Google Contacts atau keluarga dan kerabat dekat hanya dengan mengirim tautan ke aplikasi chatting favorit. Ketika Anda membagikan lokasi kepada orang yang telah dipilih, mereka dapat langsung melihat lokasi secara real-time di Google Maps. 

Setelah berbagi lokasi, di layar akan tampil sebuah ikon di atas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi. Anda juga dapat mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi kapan pun hanya dengan ketukan jari.

Jika suatu ketika Anda sedang berada di perjalanan atau Anda terlambat datang ke tempat tujuan, Anda dapat membagikan lokasi real-time dan trip progress. Selama perjalanan, ketuk pilihan “Lainnya” (More) yang berada di bawah layar navigasi, dan kemudian pilih “Berbagi Lokasi” (Share Trip). 

Saat Anda mengaktifkan fitur ini, orang yang Anda bagi dapat melihat perkiraan kapan Anda akan tiba di lokasi serta mereka juga dapat memantau perjalanan Anda selagi berjalan ke destinasi tujuan dan sampai akhirnya Anda tiba, fitur ini akan berhenti secara otomatis. (sumber: Tempo)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview